Omega-3 Untuk Mencegah Penyakit Jantung Koroner & Stroke
Manfaat utama Omega-3 adalah mencegah timbulnya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Penyakit Jantung Koroner dan Stroke disebabkan terganggunya suplai darah menuju jantung dan otak. Terganggunya aliran darah tersebut dapat disebabkan dua hal, yaitu :
- Terjadinya pengapuran dinding pembuluh darah jantung dan otak yang disebut Atherosklerosis.
- Sumbatan pembuluh darah jantung dan otak oleh gumpalan darah yang disebut trombosis.
Terjadinya pengapuran dinding pembuluh darah sangat tergantung kepada tinggi rendahnya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Kolesterol terdiri atas dua jenis, yaitu HDL-kolesterol dan LDL-kolesterol. HDL-kolesterol mengangkut kolesterol dari darah menuju hati dan akhirnya dibuang ke usus melalui empedu. Sedangkan LDL-kolesterol mengangkut kolesterol dari hati ke jaringan tubuh lewat pembuluh darah dan sering mengendap di pembuluh darah, terutama pembuluh darah jantung, otak dan ginjal.
Pembentukan kolesterol dan trigliserida darah sangat erat kaitannya dengan tingginya konsumsi lemak jenuh. Sebaliknya lemak tidak jenuh seperti Omega-3 justru dapat menurunkan pembentukan kolesterol dan trigliserida serta mengurangi kecenderungan penggumpalan darah (trombosis). Dengan demikian Omega-3 berfungsi :
- Menurunkan LDL kolesterol (Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan HDL kolesterol (High Density Lipoprotein), menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah. D. Roger Illingworth, William S. Harris, and William E. Connor melakukan penelitian terhadap 6 pasien dengan kadar LDL dan trigliserida yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan kadar LDL kolesterol dan kadar trigliserida pada seluruh pasien setelah 4 minggu mengonsumsi Omega-3.
- Mencegah aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), yang merupakan pencetus utama PJK dan Stroke. Penelitian yang dilakukan oleh DN Carroll and MT Roth. menggabungkan semua penelitian (1966-April 2002) tentang efek Omega-3 terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi Omega-3 dapat MENURUNKAN resiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah hingga 52%, juga MENURUNKAN resiko kematian akibat serangan jantung hingga 81%.
- Mengurangi kecenderungan penggumpalan darah. Penelitian yang diterbitkan oleh JAMA (Journal of the American Medical Association) tahun 2001 menyebutkan bahwa Omega-3 sama efektifnya dengan Aspirin (obat anti penggumpalan darah) dalam mengurangi resiko Stroke, tapi tanpa efek samping.
Untuk mencukupkan kebutuhan akan Omega-3 yang mutunya terjamin, dengan komposisi seimbang dan sudah diproses dengan 3 kali penyaringan, sehingga sudah bebas kolesterol dan sangat efektif mencegah Penyakit Jantung Koroner dan Stroke, bisa Anda dapatkan dari Nature EPA Omega-3 Plus.
| < Prev | Next > |
|---|



